Thursday, May 19, 2022

Kebaikan Dari Bermain Catur

Assalamualaikum semua!

Salam Khamis.

SR tak ada nak cerita apa pun hari ni, cuma teringat yang anak-anak lelaki SR sekarang suka sangat main chess, atau dalam bahasa kita, catur. SR tak sangka langsung yang amir pun dah pandai main catur ni. Entah bila dia belajar main dengan abang dan ayah dia. Haha!

Katanya, banyak kebaikan bermain catur ni. Adalah SR baca-baca juga di kala kesibukan yang melampau-lampau kebelakangan ni. Meh SR kongsikan.


1. Melatih diri untuk melihat dari sudut pandang orang lain

Setiap pemain catur akan dituntut untuk mengantisipasi gerakan lawannya. Untuk memprediksi strategi lawannya, pemain catur harus belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain.

Para peneliti menyebut kemampuan ini sebagai theory of mind. Kemampuan ini sangat penting untuk membangun rasa empati dan hubungan sosial yang sehat.


2. Meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah studi, dibuktikan bahwa pemain catur lebih pandai dalam mengingat kembali kata-kata yang pernah didengar, dibandingkan orang yang tidak bermain catur sama sekali.

Selain itu, bermain catur dipercaya dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat dan mengenali pola visual.


3. Meningkatkan kecerdasan

Orang yang sudah berpengalaman bermain catur ternyata memiliki kemampuan berpikir pada dua bidang, yakni fluid intelligence dan processing speed.

Fluid intelligence adalah kemampuan untuk mempertimbangkan masalah baru dan menggunakan nalar dalam menyelesaikannya. Sedangkan processing speed adalah kemampuan untuk memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien. Sebuah riset membuktikan, para pemain catur yang sudah berpengalaman memiliki kedua kemampuan berpikir ini.


4. Mengasah kreativitas

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji kemampuan berpikir kreatif pada dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih catur, sedangkan satunya lagi tidak. Di dalam tes tersebut, para siswa diminta untuk menafsirkan pola dan makna dalam bentuk abstrak.

Hasilnya, para siswa yang sudah terlatih bermain catur mendapatkan nilai yang lebih baik dalam ujian. Para peneliti menyimpulkan bahwa catur dapat melatih kemampuan berpikir yang berbeda dan kreatif.


5. Melatih kemampuan untuk membuat perencanaan

Permainan catur dapat berlangsung selama berjam-jam, di mana para pemainnya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat perencanaan strategi agar bisa mengalahkan lawannya.

Di dalam sebuah riset, peneliti membuktikan bahwa mereka yang sering bermain catur mampu membuat perencanaan yang lebih baik, dibandingkan partisipan yang jarang bermain catur.

Selain itu, para peneliti juga menyadari bahwa partisipan yang sering bermain catur membutuhkan waktu lebih lama dalam membuat sebuah perencanaan.


6. Mencegah penyakit demensia

Para peneliti menemukan hubungan antara bermain catur dengan penurunan risiko penyakit demensia.

Dalam sebuah studi yang dirilis dalam The New England Journal of Medicine, orang-orang berusia 75 tahun ke atas yang terlibat dalam aktivitas santai, seperti bermain catur, cenderung mengalami penundaan berkembangnya gejala demensia dibandingkan mereka yang tidak bermain catur.


7. Meredakan gejala ADHD

Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi medis yang umumnya dialami oleh anak-anak. Anak laki-laki lebih berisiko mengidapnya kondisi ini. Biasanya, ADHD akan terlihat di tahun awal sekolah.

Dalam sebuah studi, bermain catur ternyata dianggap sebagai cara efektif untuk meredakan gejala ADHD pada anak-anak. Para pasien ADHD yang ikut dalam studi tersebut mengalami penurunan gejala ADHD sebanyak 41 persen setelah bermain catur.


8. Meredakan serangan panik

Di dalam sebuah riset, para partisipan yang pernah mengalami serangan panik diminta untuk bermain catur lewat aplikasi di smartphone. Hasilnya, mereka mampu mendapatkan ketenangan dan meredakan serangan panik. Di dalam permainan catur elektronik itu, para partisipan direkomendasikan untuk menemukan tingkat kesulitan yang mampu mendistraksi mereka dari perasaan panik. Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat bermain catur yang satu ini.


9. Baik untuk perkembangan kognitif dan mental anak

Ternyata, manfaat bermain catur pun juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Sebuah studi juga menyatakan kalau bermain catur dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, sosialisasi, dan cara berpikir pada anak-anak.



+++

Mula-mula rasa nak karang semula, last last busy pulak lagi haa... CNP ajelah. Kalian jangan lupa klik 'sumber' tu sama tau hehe.

15 comments:

  1. banyak betul manfaat dari segi kesihatan mental

    ReplyDelete
  2. Akk dulu pun dipaksa & diajar main oleh arwah Abang sbb dia takde geng nak main, so dia train supaya dapat jadi sparring partner dia. Alhamdulillah, dapat wakil sekolah hehe...

    ReplyDelete
  3. Melatih kita untuk berfikiran dengan lebih pantas .. hehe

    ReplyDelete
  4. Wak memang tak gheti permainan ni

    ReplyDelete
  5. sampai skrg abe kie x reti main catur ni. huhuhu...

    ReplyDelete
  6. Ni yg paling uncle tak pandai...

    ReplyDelete
  7. Masa zaman sekolah suka baca buku pasal catur. Tapi tak pernah main.

    ReplyDelete
  8. mmg bagus budak main catur ni... abam mgu lepas msk pertandingan catur di sekolah... dia kata nk cuba... sbb selalu main dgn komputer je

    ReplyDelete
  9. main chess ni kena byk fikir..bagus sgt. tapi I x pandai la.

    ReplyDelete
  10. saya ada seorang kawan yang sangat suka main catur sampai masuk pertandingan..cara dia berfikir memang lain dari kawan2 yang lain, dan bijak jugak orangnya..

    ReplyDelete
  11. Bagus ni.. Dasir pndi main, tapi x hebat..

    ReplyDelete
  12. ada satu ketika anak-anak ammi suka nau main catur..siap beli (walaupun beli kat DIY je)...download apps kat phone. skrg takde seketul pun hadap chess ni..hmmmm nak kena paksa semula ke camna?

    ReplyDelete

Ada apa-apa nak tulis? ;)

Premium Flexible Related Post Widget for Blogger – Blogspot